AdvertorialKab.RohilPemerintahan

Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tahun 2024

90
×

Bupati Rohil Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Rohil (FI) – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong membuka secara resmi bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Rohil tahun 1445 Hijriyah atau tahun 2024, Senin (6/5/2024) di Gedung Misran Rais, Jalan Utama, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rohil, Provinsi Riau.

Kegiatan manasik haji Rohil diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan qalam Al-Qur’an oleh Qoriah Juara 1 MTQ tingkat Kabupaten Tahun 2024 tersebut dihadiri Plt. Kakankemenag Rohil H. Khairul, Wabup Rohil H. Sulaiman, Sekda Fauzi Efrizal, Ketua TP PKK Rohil, Sanimar, Ketua MKA LAM Rohil Datuk Sri Nasrudin Hasan, Forkopimda atau yang mewakili, Komisioner BAZNAS Rohil, Ketua DWP, Kepala OPD, Badan, dan Kantor di Lingkungan Pemkab Rohil serta 282 CJH Rohil Tahun 2024 yang mengikuti kegiatan manasik haji.

Panitia kegiatan manasik haji dari Bagian Kesra Sekretariat Daerah Rohil, Rinawati dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Rohil Nomor 341 Tanggal 8 April 2024 tentang penetapan panitia penyelenggara manasik haji tahun anggaran 2024.

Dikatakan Rinawati bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan manasik haji ini untuk memberikan pengetahuan yang lebih tentang tata cara pelaksanaan haji dan hikmah ibadah haji bagi CJH, serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan dalam menghadapi perjalanan yang suci. Sedangkan untuk keberangkatan CJH Rohil menuju Kota Batam dijadwalkan pada Tanggal 25 Mei 2024 dan dari Batam menuju Jeddah pada Tanggal 26 Mei 2024.

Adapun jumlah CJH Rohil Tahun 2024 sebanyak 282 orang yang sudah positif berangkat dan 13 orang merupakan cadangan, jadi totalnya 295 orang. “Kegiatan manasik haji ini akan dilaksanakan mulai tanggal 5 Mei sampai 8 Mei 2024 di Gedung Misran Rais untuk penyampaian materinya, sedangkan prakteknya di Masjid Agung Al-Ikhlas, jadi berlangsung selama empat hari,” kata Rinawati.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat melaksanakan manasik haji bagi CJH Rohil Tahun 2024. Dikatakannya bahwa untuk CJH Rohil ada diberikan uang saku dari Pemkab Rohil sebesar 150 Real atau sekitar Rp 700 ribu ditambah uang pegangan dari pengurus haji sebesar Rp 3 juta lebih yang akan dibagikan ketika CJH sampai di Batam. “Kami atas nama Pemerintah daerah mengucapkan selamat melaksanakan manasik haji bagi CJH Rohil Tahun 2024, semoga CJH kita semuanya sehat. Untuk pelaksanaan manasik haji mulai 5 Mei-8 Mei,” ujarnya.

Lanjutnya, “Nanti Calon Jamaah Haji kita akan di beri uang saku sekitar 150 Real atau sekitar Rp 700 ribu dari Pemkab Rohil dan untuk keberangkatan dari Batam menuju Jeddah pada Tanggal 26 Mei sedangkan untuk keberangkatan dari Rohil yang tadinya dijadwalkan berangkat Tanggal 25 Mei, kalau bisa dimajukan menjadi Tanggal 24 Mei Tahun 2024 dikarenakan waktu yang begitu sempit bagi CJH Rohil dalam mempersiapkan keberangkatan dan butuh istirahat sebelum diberangkatkan menuju Jeddah,” terangnya.

Bupati berharap keberangkatan CJH Tanggal 24 Mei nanti dari Dumai menggunakan kapal laut dan diperkirakan perjalanan sekitar 8 jam sehingga CJH dapat beristirahat di Batam satu malam. Jadi kalau berangkatnya tanggal 25 dari Batam, CJH kita tidak ada istirahat.

Untuk acara pelepasan CJH Rohil dikatakan Bupati ada tiga titik diantaranya dari Masjid Agung Al-Ikhlas Bagansiapiapi, dari Masjid Nur Afandi Ujung Tanjung dan dari Kecamatan Bagan Sinembah menggunakan bus menuju Dumai. Dan untuk acara pelepasan CJH Rohil secara global dilaksakan di Batam ketika hendak berangkat menuju Jeddah. “Saya juga berharap agar CJH Rohil dapat menjaga kesehatan, semoga keberangkatan CJH Rohil dapat selamat sampai tujuan dan kembali dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Rohil, H. Khairul menyampaikan bahwa untuk panitia pelaksanaan kegiatan manasik haji itu dilaksanakan oleh Bagian Kesra Sekdakab Rohil di mana kegiatan manasik haji tahun ini diikuti 282 orang dengan rincian 280 peserta JCH dan 2 orang pengurus haji daerah atau PHD serta ada 13 orang cadangan.(Zandri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *