AdvertorialPemerintahanProv.Lampung

Pj Bupati Qudrotul Ikhwan Pimpin Langsung Upacara Peringatan HUT Tuba ke-27 

94
×

Pj Bupati Qudrotul Ikhwan Pimpin Langsung Upacara Peringatan HUT Tuba ke-27 

Sebarkan artikel ini

TULANGBAWANG, (FI)

Pj Bupati Drs. Qudrotul Ikhwan, MM memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tulangbawang yang ke-27. Kegiatan tersebut digelar di halaman kantor Bupati setempat, Rabu (20/3/2024).

Hadir juga dalam upacara itu PJ Ketua Tim Penggerak PKK Tulangbawang Herlinawati Qudrotul, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i, Kapolres AKBP James H Hutajulu, Kajari Devi Fredi Muskitta, Danlanud Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto, Dandim 0426 yang diwakili Pabung Kodim Kapten Inf Arif Affuan, Ketua Pengadilan Negeri Tri Handayani, Kepala Rutan Kelas IIB Menggala Indar Laya, Kepala Kemenag Tulangbawang yang diwakili Kasubbag TU H. Marsudi, Pj Sekretaris Sekda Ferli Yuledi serta para kepala OPD dan ASN di lingkup Pemkab Tulangbawang setempat.

Pj Bupati Tulangbawang Drs. Qudrotul Ikhwan, MM saat sambutannya menuturkan perayaan hari jadi ke-27 tahun ini terasa begitu spesial. Selain bertepatan dengan bulan suci Ramadhan HUT ini juga bersamaan dengan peringatan HUT ke-60 Provinsi Lampung tanggal 18 Maret 2024 lalu.

“Melalui upacara ini juga marilah kita mengingat dan mengenang kembali sejarah panjang Kabupaten Tulangbawang, berkat jasa perjuangan dan usaha para pendahulu saat ini kita semua dapat menikmati seluruh perkembangan dan kemajuan yang ada saat ini,” tutur Qudrotul Ikhwan.

Ia juga mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Tulangbawang hingga kemajuan tersebut secara nyata sudah dapat dirasakan bersama.

Menurutnya kemajuan itu terbukti dengan beberapa capaian antara lain revitalisasi kawasan cakat raya, yang mana diharapkan akan menumbuhkan UMKM dan edukasi budaya hingga dapat menjadi pusat pertumbuhan baru.

“kawasan ini merupakan salah satu kawasan prioritas yang pembangunannya akan dilanjutkan di tahun 2024,” ungkapnya.

Selain itu terdapat juga pembukaan ruas jalan baru yaitu jalan pemokow Kecamatan Manggala sampai Bakung Udik Kecamatan Gedung Meneng.

Ketiga pengembalian fungsi sekaligus level terminal Menggala yang merupakan terminal tipe B saat ini, yang mana terus diupayakan agar operasionalnya kembali berjalan normal dan UMKM sekitar lokasi juga diharapkan dapat berkembang.

Keempat fasilitas kesehatan Kabupaten Tulangbawang memiliki 20 unit Puskesmas dengan rincian 13 unit Puskesmas rawat inap dan 7 unit Puskesmas non rawat inap.

“Bahkan pada tahun ini sebanyak 8 unit Puskesmas memperoleh akreditas paripurna dan 12 unit Puskesmas memperoleh akreditas utama,” terang Qudrotul Ikhwan.

Ia mengungkapkan kelima terdapat juga capaian dalam hal ekonomi dengan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) yang meningkat. Tahun 2022 sebanyak 3,85 persen kini meningkat 4,27 persen pada tahun 2023.

Untuk PDRB nominal perkapita ADHB mengalami peningkatan dari 59,7 juta pertahun di tahun 2022, meningkat menjadi 63,34 juta pertahun di tahun 2023.

Sedangkan menurut Pj Bupati terkait sosial kemiskinan pada tahun 2022 sebesar 8,42 persen mengalami penurunan menjadi 8,04 persen di tahun 2023.

Untuk rasio gini besar 0, 287 di tahun 2022 kini turun menjadi 0,284 di tahun 2023, pengangguran sebesar 3,52 persen pada tahun 2022 kini turun menjadi 3,46 persen pada tahun 2023, indeks pembangunan manusia IPM sebesar 71,08 di Tahun 2022 naik menjadi 71,56 di tahun 2023.

Kenaikan IPM tersebut dapat dilihat dari angka harapan hidup saat lahir yang tumbuh 0,50 persen pada tahun 2023 harapan lama sekolah yang tumbuh 0,08 persen pada tahun 2023 rata-rata lama sekolah yang tumbuh 0,13 persen pada tahun 2023, pengeluaran real perkapital per tahun disesuaikan yang meningkat 3,79 persen pada tahun 2023.

“Berdasarkan data-data tersebut sudah selayaknya kita bersyukur dan bergembira atas capaian itu. Semogga sinergi dalam segala aspek yang telah terbangun dengan baik tersebut dapat bergerak ke arah yang lebih baik sampai dengan cita-cita kita untuk tercapainya Tulangbawang sebagai Kabupaten Udang Manis (Unggul, damai, aman, nyaman, guyub, mandiri, agamis natural, inovatif dan sejahtera) dapat benar-benar terwujud,” tandasnya.

Untuk diketahui dalam momen upacara peringatan HUT Tulangbawang ke-27 itu dilakukan juga penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 89 orang PNS. Serta pemberian penghargaan kepada 27 orang PNS yang telah memasuki masa purna bakti. (Apriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *