BeritaBudayaKota Pekanbaru

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal Resmi Diberi Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri

746
×

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal Resmi Diberi Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU,fokusinvestigasi.com – Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal Resmi diberi gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), berlangsung di Balairung Tennas Effendy, Balai Adat Melayu Riau Pekanbaru, Jumat (29/9/23).

Gelar itu memiliki makna sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dan kekuatan, serta dapat menggunakan kekuatan yang ada pada dirinya dalam menjadikan tanggung jawab maupun kewajibannya untuk menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat.

Suasana penebalan gelar adat Kapolda Riau tersebut berlangsung khidmat, banyak tamu undangan yang hadir dari berbagai kalangan, termasuk dihadiri langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar Datuk Seri Setia Amanah.

Sebelum dilaksanakan prosesi penabalan adat tersebut, terlihat Kapolda Riau, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal bersama istri terlebih dahulu diarak dari Jalan Diponegoro menuju Gedung LAM Riau diiringi dengan tabuhan kompang.

Kemudian, sebelum memasuki gedung LAMR, rombongan Kapolda Riau tersebut terlihat juga disambut dengan pencak silat.

Dalam prosesi gelar adat itu, Gubernur Syamsuar yang juga bergelar Datuk Setia Amanah memasang tanjak kepada Kapolda Riau.

Kemudian untuk pelaksanaan pemasangan selempang dilakukan oleh Ketua MKA LAM Riau, Datuk Seri Marjohan Yusuf dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Taufik Ikram Jamil.

Ketua Umum DPH LAM Riau, Datuk Taufik Ikram Jamil, menjelaskan jika gelar yang diberikan kepada Kapolda Riau tersebut memiliki pengertian sebagai orang mulia dengan penuh cahaya yang memiliki kemampuan dan kekuatan istimewa.

Ia berharap gelar tersebut dapat dipergunakan untuk memenuhi tanggung jawab maupun kewajibannya dalam menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat secara maksimal dengan pencapaian luar biasa.

“Gelar yang dianugerahkan kepada beliau disandang selama hayat di kandung badan, gelar ini dianugerahi LAMR karana Kapolda Riau beserta jajarannya secara bersungguh-sungguh telah menjadikan dirinya serta institusi Kepolisian Daerah Riau tidak hanya sebagai hulu penegakkan hukum tapi juga sebagian dinamika adat Melayu,” ujarnya.

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau Syamsuar juga menyampaikan tahniah atas gelar yang diberikan LAMR kepada Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal itu.

“Semoga gelar itu menjadi amanah, marwah, serta daulat masyarakat Riau,” tutupnya.(Fr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *