BeritaKab.SiakLingkungan

Kandang Ayam Beroperasi di Tengah Masyarakat Kampung Maredan Keluarkan Aroma Tak Sedap

94
×

Kandang Ayam Beroperasi di Tengah Masyarakat Kampung Maredan Keluarkan Aroma Tak Sedap

Sebarkan artikel ini

SIAK,fokusinvestigasi.com – Pantauan awak media ini, ditemukan adanya sebuah tempat yang dikelilingi tembok seng yang diketahui bahwa tempat tersebut merupakan penangkaran ayam milik seorang pengusaha, dan kandang ayam tersebut berlokasi tidak jauh dari permukiman masyarakat yang tinggal di Kampung Maredan Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Sabtu (13/01/2024)

Saat berada dilokasi kandang ayam tersebut, masyarakat dapat merasakan aroma tidak sedap yang berasal dari kandang ayam tersebut.

Saat ditemui pada lokasi kandang ayam tersebut, salah seorang masyarakat Kampung Maredan tersebut menyebutkan bahwa kandang ayam tersebut milik pengusaha asal Pekan Baru dan sudah beroperasi sekitar satu tahun.

“Kandang ayam itu bang, itu milik pengusaha dari Pekan Baru dan sudah beroperasi selama satu tahun, dan kami merasakan bau busuk dari tempat tersebut serta selama kandang ayam tersebut beroperasi, banyak lalat di sekitar rumah penduduk,” kata warga Kampung Maredan yang tidak ingin namanya disebutkan tersebut kepada awak media ini.

“Didekat kandang ayam ini kan banyak rumah warga dan bau busuknya tercium sampai ke rumah, bahkan lalat pun sekarang sangat banyak hinggap baik diluar maupun didalam rumah kami,” kata warga dengan nada kesal.

Ditempat terpisah, saat dikonfirmasi kepada Kerani Kampung Maredan Suryani menyebutkan bahwa kandang ayam tersebut setelah dibangun dan beroperasi baru memberitahukan kepada Pemkam Maredan, karena untuk mengurus izin saat ini bisa melalui OSS,” kata Kerani Suryani.

Saat ditemui, Penghulu Kampung Maredan M Idris menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada warga yang komplen terkait bau busuk kandang ayam tersebut.

“Sampai saat ini belu adalah warga yang komplen terkait bau busuk kandang ayam tersebut, karena sepengetahuan kita kandang tersebut menggunakan blower yang membuang uapnya ke arah belakang, dan saya juga menegaskan jikalah nantinya kandang ayam tersebut mengganggu ketertiban masyarakat, kami akan menutup operasi kandang tersebut,” kata Penghulu Kampung Maredan menegaskan. (Muliya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *