BeritaNasionalSatwa

Kabar Gembira, Bayi Gajah Betina Lahir di Pusat Konservasi Gajah Sebanga Riau

108
×

Kabar Gembira, Bayi Gajah Betina Lahir di Pusat Konservasi Gajah Sebanga Riau

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU (FI) – Seekor bayi gajah lahir di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Sebanga, Provinsi Riau, Sabtu (6/4) kemarin. Bayi gajah ini berjenis kelamin betina.

Tinggi badan hewan dilindungi ini, 75 sentimeter, lingkar dada 97 sentimeter, dan panjang badan 97 sentimeter.

“Hasil pengecekan kesehatan dan pengukuran morfometri anak gajah yang dilakukan tim Balai Besar KSDA Riau berat badannya 75,5 kg berjenis kelamin betina,” jelas Kepala Balai Besar KSDA Riau, Genman S Hasibuan, Senin (8/4/2024).

Saat ini jelas Genman, kondisi induk dan anak gajah dalam keadaan sehat dan menunjukkan vitalitas normal.

Anak gajah tersebut lahir dari induk betina Fuja yang berusia 20 tahun dan induk jantan Sarma berusia 25 tahun yang berasal dari hasil evakuasi akibat jerat satwa di wilayah Kampar Kiri, Riau, pada 2008.

“Bayi gajah ini lahir dari induk gajah betina bernama Fuja (20) dan induk jantan bernama Sarma (25) yang berasal dari hasil evakuasi akibat korban jerat satwa di wilayah Kampar Kiri pada tahun 2008,” jelas Genman.

Paska kelahiran, tim dokter hewan dan perawat medis satwa dari Balai Besar KSDA Riau terus melakukan pemantauan intensif terhadap kondisi kesehatan induk dan anak gajah tersebut.

“Ini kabar gembira anak gajah ini lahir di hari ke-27 Ramadhan 1445 H, yakni sepuluh hari terakhir bulan Ramadan Tahun 2024 M. semoga menjadi cahaya kebaikan bagi dunia konservasi,” harap Genman.(Fr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *