BeritaBisnisPekanbaru

Jusuf Kalla Ajak Universitas Dorong Generasi Muda Terjun Dalam Dunia Bisnis

143
×

Jusuf Kalla Ajak Universitas Dorong Generasi Muda Terjun Dalam Dunia Bisnis

Sebarkan artikel ini

PEKANBARU,fokusinvestigasi.com – Wakil Presiden Indonesia pada masanya yang juga menjabat Ketua Dewan Penasehat Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKS PTIS) se-Indonesia Jusuf Kalla mengajak pihak Universitas yang tergabung dalam BKS PTIS agar mendorong generasi muda untuk terjun dalam dunia bisnis.

Ia memandang, untuk terjun dalam dunia usaha tak harus memiliki latar belakang sarjana ekonomi maupun bisnis.

“Kita butuh para Rektor, Profesor untuk memberikan dorongan. Fakultas apapun dapat menjadi pengusaha,” ujar Jusuf Kalla pada kegiatan Rapat Kerja Nasional BKSPTIS di Universitas Islam Riau Pekanbaru,Jum’at (17/11/2023).

Ia menjelaskan bahwa, perguruan tinggi harus menghidupkan semangat dan minat berusaha para generasi muda. Ini dapat dilakukan melalui pelatihan maupun program magang.

“Agar usaha maju, tentu kita harus memiliki kemampuan yang didapat melalui semangat dan pendidikan,” terangnya.

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, agar bisnis yang kita miliki dapat lebih unggul, maka perlu adanya efisiensi. Baik efisiensi waktu maupun efisiensi harga dalam memproduksi barang maupun jasa.

“Apa yang baik dan murah kita (Konsumen) beli. Itulah hukum tingkat persaingan suatu bisnis dan itu tidak dapat kita hindari. Artinya kita harus belajar efisiensi dan kecepatan,” jelas Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menuturkan, jika sejak dini generasi bangsa tidak dipersiapkan untuk bersaing dalam dunia usaha, maka ekonomi Indonesia cepat atau lambat akan dikuasai oleh negara lain.

“Apa bila kita tidak bersaing, tidak maju, maka kita akan terkuasai. Kita harus melawannya dengan upaya, teknologi dan kemampuan bisnis kita,” ujarnya.

“Mari kita berfikir sekarang ini untuk meningkatkan kualitas (SDM) dan mengarahkan mereka (Mahasiswa) untuk terjun ke entrepreneurship,” tutup Jusuf Kalla.(ZL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *