BudayaKab.Siak

Jaranan se-kecamatan Tualang Diadakan di Maredan Barat 2024

1019
×

Jaranan se-kecamatan Tualang Diadakan di Maredan Barat 2024

Sebarkan artikel ini

SIAK,(fokusinfestigasi.com) Perawang Get together off jaranan 2024 adalah sebuah awal mula untuk menjalin silahturahmi sesama kesenian kuda lumping se-kecamatan tualang yang di taja oleh kuda lumping karya baru dan juga kuda lumping gondo arum.

Agung selaku pengurus kuda lumping karya baru menyatakan kesenian jaranan yang ada di kabupaten siak kususnya kecamatan tualang ini sangat dihormati, yang terbukti dari berbagai suku. Baik itu Jawa. Melayu. Minang. Batak. Dan berbagai suku lainnya. Dalam acara kumpul bareng sedulur seni jaranan se-kecamatan tualang ini yang di laksanakan pada 13. Januari 2024 yang di adakan di desa maredan barat. Turut hadir dari berbagai grub seni jaranan yang ada di kecamatan tualang. Seperti Jaranan laksono Mulyo,turonggo resih budoyo,turonggo tresno budoyo,turonggo budoyo,turonggo jati budoyo,bunga sari, kencan muda, senja. untuk kumpul bareng seniman jaranan ini.

Tentu hal ini harus dirumuskan bersama supaya kegiatan kumpul bareng sedulur jaranan ke depannya bagus, dan terlaksana untuk melakukan setiap bulan nya . Sabtu (13/1/2024).

Agung juga berharap kesenian jaranan ini bisa menggelar kegiatan jaranan yang bersifat nasional.

“Kesenian jaranan ini saya pikir banyak yang bisa dikembangkan dan saya akan bantu. Yang penting untuk kebaikan dan ada dampak ekonominya. Tontonan jaranan ini bisa dikemas supaya ada potensi ekonomi yang bisa panjenengan rasakan. Dan saya berdoa supaya kegiatan ini menghasilkan keputusan yang baik, dan bisa membuat seniman jaranan di kecamatan tualang eksis, lebih baik ke depan serta bisa memberikan tontonan yang positif,” tutur dia.

Agung juga sudah berbincang dengan sedulur Seniman pada acara kegiatan ini punya program

“Di kabupaten siak ini menurut saya punya peran penting dalam kesenian jaranan atau kuda lumping. Tapi ke depan kita harus punya program yang bagus. Saya disini tidak mau intervensi, tapi saya punya tugas untuk mendorong supaya jaranan ini bisa menjadi kesenian yang berakibat dampak ekonomi yang baik,” ujar agung

Turut hadir dalam acara ini Ketua Paguyuban Jaranan se-kecamatan tualang. seluruh Ketua Paguyuban Jaranan se-kecamatan tualang, dan para pelaku seni jaranan se-kecamatan tualang.( Dedy )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *