BeritaKab.Siak

Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Serta Masyarakat Pinang Sebatang Lakukan Patroli 

141
×

Antisipasi Karhutla, Bhabinkamtibmas Serta Masyarakat Pinang Sebatang Lakukan Patroli 

Sebarkan artikel ini

Tualang,fokusinvestigasi.com – Memasuki musim kemarau Bhabinkamtibmas Kp. Pinang Sebatang Aipda Dian P bersama warga giat melakukan Patroli antisipasi Karhutla di Dusun Sekar Mayang wilayah Kp. Pinang Sebatang Kec. Tualang Kab. Siak. Rabu (27/09/2023)

Rendahnya curah hujan dan panjangnya musim kemarau menjadi salah satu penyebab Karhutla. Terjadinya Karhutla di sebabkan Faktor alam dan begitu faktor Manusia baik disengaja maupun tidak disengaja. Dimana peran Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan bila membuka lahan.

Pembukaan lahan dengan cara membakar memang menjadi cara mudah dan murah bagi sebagian oknum untuk memulai lahan pertanian. Tak dapat dipungkiri, jalan pintas tersebut banyak diambil karena minimnya peralatan dan teknologi dalam membuka lahan yang aman serta kurangnya pemahaman mengenai dampak bagi lingkungan. Naasnya, bahaya kebakaran makin meningkat apalagi disaat kemarau panjang.

Dampak lain yang menyertai Karhutla adalah penyebaran Kabut asap yang dapat mengancam kesehatan masyarakat. Berbagai penyakit dapat ditimbulkan oleh asap dan berbagai penyakit bisa timbul seperti tenggorokan, asma, pilek dan mata merah.

Terpisah Kapolsek Tualang Kompol Arry Prasetyo SH.MH sejatinya menyampaikan penanggulangan Karhutla merupakan tanggung jawab berama

“Penanggulangan Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama perbaikan kualitas udara serta menjaga keberlangsungan alam Indonesia,”Tutup Kapolsek. (Muliya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *